Ilmu Sosial Dasar Sebagai Mata Kuliah Dasar Umum

A.    PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Dewasa ini, perkembangan pemikiran dan kepribadian manusia telah berkembang secara cepat terhadap gejala-gejala yang timbul dalam berbagai sisi kehidupan. Masyarakat dituntut untuk mampu bersaing secara maksimal di era globalisasi masa kini. Khususnya generasi muda, yang dengan segala keuntungan dapat memiliki kesempatan untuk melihat seluk beluk dari sebuah hal. Mengingat pentingnya kemampuan untuk bersosialisasi di era globalisasi masa kini agar memiliki pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai isu yang ada dan timbul di lingkungannya. Hendaknya, pemebekalan ilmu sosial yang bersifat dasar diperkenalkan secara dini kepada generasi muda dalam rangka memenuhi kebutuhan untuk mampu berinteraksi dengan orang sekitar dengan baik, memiliki daya tanggap dan persepsi serta penalaran yang luas yang berkenaan dengan ruang lingkup masyarakat.
Pada jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah, siswa telah dibekali dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang mencakup keilmuan yang mengkaji bagaimana hubungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. Pada tingkat yang lebih tinggi lagi—jenjang perguruan tinggi, mahasiswa akan dihadapi dengan mata kuliah dasar umum. Salah satu ruang lingkup mata kuliah dasar umum yaitu mencakup Ilmu Sosial Dasar (ISD).
Ilmu sosial dasar mencakup masalah-masalah sosial yang timbul didalam sebuah masyarakat. Untuk menelaah masalah-masalah sosial tersebut hendaknya terlebih dahulu dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tersebut.
Bersosialisasi tentunya tak bisa dihindari karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa manusia lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya suatu cabang ilmu yang berisi kajian tentang masalah-masalah sosial dikehidupan masyarakat. Sehingga hal tersebut diimplementasikan sebagai Ilmu Sosial Dasar di jenjang perguruan tinggi sebagai mata kuliah dasar umum. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka memberi pembekalan kepada para mahasiswa/i agar setelah lulus mampu terciptanya manusia-manusia yang berkualitas serta berintegritas—tidak hanya memiliki seperangkat kemampuan akademik dan kemampuan profesi, namun juga memiliki kemampuan bersosial yang baik.  
2.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang penulisan ini, adapun pokok-pokok masalah yang akan kami identifikasi pada tulisan ini, antara lain :
a.       Apa itu Ilmu Sosial Dasar?
b.      Apa perbedaan Ilmu Sosial Dasar (ISD) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)?
c.       Apa tujuan Ilmu Sosial Dasar sebagai Mata Kuliah Dasar Umum?
3.      Tujuan Penulisan
a.       Mengetahui pengertian ISD.
b.      Mengetahui perbedaan ISD dengan IPS.
c.       Mampu menjelaskan sasaran dan input dari ISD sebagai MKDU.
B.     PEMBAHASAN.
a.      Pengertian Ilmu Sosial Dasar (ISD).
Secara garis besar, ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 macam, yaitu :
1.      Ilmu-ilmu Alamiah (natural science). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas.
2.      Ilmu-ilmu sosial (social science). ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.
3.      Pengetahuan budaya (the humanities) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
Ilmu Sosial Dasar adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari/menelaah tentang masalah-masalah sosial di dalam sebuah ruang lingkup  masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah manusia.
ISD meliputi dua kelompok utama, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga – lembaga sosial. yg terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, serta terdiri atas ekonomi dan politik.
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataankenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu,
Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
ISD menyajikan pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan masalahnya dengan menggunakan kerangka pendekatan. Dengan menggunakan kacamata obyektif berarti, konsep dan teori yang berhubungan dengan hakikat manusia dan masalahnya telah dikembangkan dalam ilmu sosial dan digunakan. Sedangkan menurut kacamata subyektif masalah yang dibahas akan dikaju menurut perspektif masyarakat yang bersangkutan.

b.      Perbedaan Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan. Adapun persamaan antara keduanya adalah :
a.       Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.
b.      Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c.       Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
a.       Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b.      Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
c.       Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.

c.       Tujuan Ilmu Sosial Dasar (ISD) sebagai Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU)
Pada dasarnya manusia akan selalu dikaitkan dengan masalah-masalah sosial yang timbul di kehidupan sehari-hari. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan. Oleh karena itu, perguruan tinggi diharapkan mampu menciptakan output yang cepat tanggap dalam melihat serta menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi setiap waktu di kehidupan masyarakat–yang diimplementasikan dalam mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD). Sasaran studi ISD adalah aspek – aspek yg paling dasar yg ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah – masalah yg terwujud dari padanya.
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a.       Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
c.       Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
d.      Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.


 Sumber :
https://jihadiraki.wordpress.com/ilmu-sosial-dasar/

Komentar