Present Participle (Theory and examples)

source: pinterest.com

A.   Theory of Present Particple
Present participle is a word that ends by “-ing” with the base of the word. It is formed from a verb and mostly is used as an adjective, though it also works as a verb or a subject in some construction.
Present participle has the similar form as Gerund because both are forms of verb. However, their function is totally different because Gerund is a verb that works as a noun. While on the other hand, the present participle performs as an adjective and describes noun. And after all, present participle that plays role as a noun should be called Gerund.


This is the examples of Present participle being used as adjectives:
The Verb
The Present Participle
To sing
Singing
To draw
Drawing
To paint
Painting



B.    Examples (Multiple Choices and Error Analysis)
1.    The _____ athlete gets a trophy
a.    Winning
b.    Winner
c.    Win
d.    Won
Kalimat di atas menunjukan bahwa subjeknya yaitu seorang ‘athlete’, berdasarkan jawaban yang tersedia, yang paling benar yaitu Winning yang merupakan bentuk present participle berupa kata sifat (adjective).
2.    His _____ that showing in the gallery art is my favorite
a.    Paint
b.    Painting
c.    Point
d.    None of them
Sama seperti soal sebelumnya, berdasarkan jawaban yang tersedia, yang paling benar yaitu Painting yang merupakan bentuk present participle berupa kata benda (noun). Sehingga, bentuk kalimat di atas dapat dikatakan sebagai Gerund.
3.    A boy who _____ blue jeans and white t-shirt in front of my house is waiting for me
a.    Wear
b.    Wore
c.    Wearing
d.    None of them
Kalimat di atas menunjukan bahwa subjeknya yaitu ‘a boy’, berdasarkan jawaban yang tersedia, yang paling benar yaitu Wearing. Sedangkan kata kerja atau verb-nya yaitu ‘waiting’.
4.    The singer _____ singing in the stage is my idol since in high school
a.    Now
b.    Is
c.    He
d.    Was
Kalimat di atas menunjukan bahwa subjeknya yaitu ‘the singer’, berdasarkan jawaban yang tersedia, yang paling benar yaitu Now yang merupakan bentuk present participle tetapi berupa kata kerja (verb).
5.    She was _____ inside the burning house
a.    Trap
b.    Sleep
c.    Trapped
d.    None of them
Kalimat di atas menunjukan bahwa subjeknya yaitu ‘she’, berdasarkan jawaban yang tersedia, yang paling benar yaitu Trapped yang merupakan bentuk present participle berupa kata kerja (verb). Mengapa bukan trap? Karena kalimat tersebut menunjukan bentuk simple past tense di mana harus diikuti dengan bentuk kata kerja kedua yaitu trapped.
6.    I really liked when the telephone ringing
The answer : correct.
Subjek yang terdapat pada kalimat di atas yaitu ‘I’, verb atau kata kerja yang terdapat pada kalimat tersebut yaitu ‘liked’ dan bentuk present particple-nya yaitu ‘ringing’ berupa kata sifat (adjective). Sehingga, struktur kalimat tersebut secara keseluruhan adalah benar.
7.    Feeling hungry, Jimin going into the kitchen in the midle of the night
The answer : incorrect.
Subjek yang terdapat pada kalimat di atas yaitu ‘Jimin’, verb atau kata kerja yang terdapat pada kalimat tersebut yaitu ‘going’ dan bentuk present particple-nya yaitu ‘feeling’ berupa kata sifat (adjective). Struktur kalimat tersebut secara keseluruhan salah karena bentuk verb atau kata kerjanya harus diganti menjadi bentuk kata kerja kedua yaitu went karena pada kaliamt tersebut menggambarkan kejadian yang telah terjadi atau bentuk lampau. Sehingga yang benar yaitu; Feeling hungry, Jimin went into the kitchen in the midle of the night.
8.    Suga almost screams, seeing the cat running in front of him
The answer : correct.
Subjek yang terdapat pada kalimat di atas yaitu ‘Suga’, verb atau kata kerja yang terdapat pada kalimat tersebut yaitu ‘screams’ dan bentuk present particple-nya yaitu ‘seeing’ dan ‘running’ berupa kata sifat (adjective). Sehingga, struktur kalimat tersebut secara keseluruhan adalah benar.
9.    Knowing that Lisa will come, Rose cleans the room
The answer : correct.
Subjek yang terdapat pada kalimat di atas yaitu ‘Rose’, verb atau kata kerja yang terdapat pada kalimat tersebut yaitu ‘cleans’ dan bentuk present particple-nya yaitu ‘knowing’ berupa kata sifat (adjective). Sehingga, struktur kalimat tersebut secara keseluruhan adalah benar.
10. Jennie found Irene watering the garden
The answer : correct.
Subjek yang terdapat pada kalimat di atas yaitu ‘Jennie’, verb atau kata kerja yang terdapat pada kalimat tersebut yaitu ‘found’ yang merupakan bentuk kata kerja kedua dari kata ‘find’. Bentuk present particple-nya yaitu ‘knowing’ berupa kata sifat (adjective). Sehingga, struktur kalimat tersebut secara keseluruhan adalah benar.

Sources:
[1]  S. G. Sukur, COMPLETE ENGLISH GRAMMAR FOR THE TOEFL TEST Langkah Jitu Melejitkan Score TOEFL TEST, Yogyakarta: Indonesia Cerdas, 2009. 
[2]  TOEFL SKILL 4 (Structure): PRESENT PARTICIPLE | TEATU with Mr Wira - Kampung Inggris LC. [Film]. Indonesia: Kampung Inggris LC - Language Center, 2018.


Komentar