Manajemen Layanan Sistem Informasi

A.    Manajemen Layanan Sistem Informasi
Dewasa ini, perkembangan teknologi telah merambah ke berbagai lini kehidupan. Salah satunya, dalam dunia bisnis dan organisasi. Peranan teknologi informasi tentunya tak pernah lepas dari berbagai sektor kehidupan, salah satunya dalam memberikan terobosan baru di dunia bisnis ialah dalam bentuk Manajemen Informasi. Adapun manajemen layanan itu sendiri merupakan seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk memberikan hasil kepada pelanggan dalam bentuk layanan. “Kemampuan Khusus Organisasi” ini meliputi proses, kegiatan, fungsi dan peran yang menggunakan penyedia layanan dalam memberikan layanan kepada pelanggan mereka, serta kemampuan untuk membangun struktur organisasi yang cocok, mengelola pengetahuan dan memahami bagaimana memfasilitasi hasil yang menciptakan nilai.

1.      Kerangka ITIL
ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah kerangka praktik terbaik untuk memberikan layanan khususnya dibidang TI atau teknologi informasi. Pendekatan ITIL yang sistematis terhadap manajemen layanan TI dapat membantu bisnis mengelola risiko, memperkuat hubungan pelanggan, membangun praktik hemat biaya, dan membangun lingkungan TI yang stabil yang memungkinkan pertumbuhan, skala, dan perubahan.
http://www.credanceinfotech.com/medSFA.html

2.            Inti ITIL
Adapun Inti dari ITIL itu sendiri adalah Service Lifecycle yang merupakan Service Strategy. Service Strategy memberikan panduan kepada pengimplementasi ITSM pada bagaimana memandang konsep ITSM bukan hanya sebagai sebuah kemampuan organisasi (dalam memberikan, mengelola serta mengoperasikan layanan TI), tapi juga sebagai sebuah aset strategis perusahaan. Panduan ini disajikan dalam bentuk prinsip-prinsip dasar dari konsep ITSM, acuan-acuan serta proses-proses inti yang beroperasi di keseluruhan tahapan ITIL Service Lifecycle.

3.      Model Pengelolaan Layanan ITIL
Pada 30 Juni 2007, OGC menerbitkan versi ketiga ITIL (ITIL v3) yang intinya terdiri dari lima bagian dan lebih menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi informasi. Kelima bagian tersebut adalah:
1.      Service Strategy
Setiap organisasi semacam perusahaan harus memiliki sebuah Strategi Pelayanan yang menjadi panduan bagi setiap aktivitas yang menjadi parameter bagi organisasi tersebut. Secara prinsip, strategi ini berisi bagaimana cara dan mekanisme yang dianut serta perlu dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan organisasi di dalam usahanya untuk memberikan layanan yang baik. Terdapat setidaknya 3 proses yang dicakup dalam Service Strategy, antara lain sebagai berikut :
§  Service Portfolio Management
§  Financial Management
§  Demand Management

2.      Service Design
Mencakup hal-hal yang berkaitan dengan organisasi dalam merancang infrastruktur dan superstruktur teknologi informasi untuk memenuhi atau melayani konsumen beserta kepentingannya. Melalui desain ini, diharapkan tercipta suatu lingkungan kondusif bagi divisi teknologi informasi dalam memberikan layanan prima ke segenap individu, kelompok, dan unit/divisi pengguna pada organisasi. Proses-proses yang dicakup dalam Service Design yaitu:
§  Service Catalog Management
§  Service Level Management
§  Supplier Management
§  Capacity Management
§  Availability Management
§  IT Service Continuity Management
§  Information Security Management

3.      Service Transition
Berkaitan dengan cara suatu organisasi dalam bertransformasi atau menjalankan perubahan menuju rancangan lingkungan pelayanan yang ingin dicapai. Tahapan transisi ini harus dikawal dengan sebaik-baiknya agar berjalan efektif. Proses-proses yang dicakup dalam Service Transition yaitu:
§  Transition Planning and Support
§  Change Management
§  Service Asset & Configuration Management
§  Release & Deployment Management
§  Service Validation
§  Evaluation
§  Knowledge Management

4.       Service Operation
Menggambarkan secara jelas mengenai inti dari rangkaian proses manajemen, yaitu berkaitan degnan tata kelola pelayanan itu sendiri yang diimplementasikan dalam tahap operasionalnya. Di sinilah para pelanggan internal maupun eksternal(konsumen) akan mendapatkan langsung manfaat dari keberadaan teknologi informasi dan komunikasi. Proses-proses yang dicakup dalam Service Transition yaitu:
§  Event Management
§  Incident Management
§  Problem Management
§  Request Fulfillment
§  Access Management

5.      Continual Service Improvement
Perbaikan berkesinambungan terus menerus dari masa ke masa. Hal ini tidak saja berarti bahwa organisasi yang bersangkutan senantiasa belajar dan selalu berkembang dari masa ke masa, namun mengandung makna bahwa organisasi selalu siap menghadapi berbagai perubahan karena dinamika global. Proses-proses yang dilakukan pada iterasi continual service improvement sebagai berikut:
§  Services Review
§  Process Evaluation
§  Definition of CSI Initiatives
§  Monitoring of CSI Initiatives


B.      Layanan Lifecycle

1.    Strategi Layanan

a.      Tata Kelola
Mencakup berbagai kebijakan, proses danstruktur yang ditetapkan oleh manajemen senior untuk memastikan kelancaran dan kontrol yang efektif dari organisasi. Bimbingan yang diberikanmelalui disiplin ITIL menawarkan suara dasar untuk pengembangan tatapemerintahan yang efektif, yang penting untuk penyedia IT untuk setiap organisasi. Standar internasional untuk tata kelola, ISO/IEC 38500:2008, yaitu menyediakan kerangka kerja tata kelola yang efektif untuk membantu orang-orang di tingkat tertinggi organisasi untuk memahami dan memenuhi kewajiban mereka, peraturan dan etika dengan organisasi mereka. Kerangka kerja ini menetapkan enam prinsip tata kelola perusahaan yang baik, yang meliputi tanggung jawab, strategi, akuisisi, kinerja, kesesuaian dan perilaku manusia, membuat jelas bahwa tata kelola IT adalah tentang banyak lebih dari proses dan kontrol. Ini adalah sebuah sistem manajemen yang digunakan oleh Direktur sebuah organisasi untuk memastikan pelayanan yang tepat dan efektif sumber daya itu.

b.      Resiko
Suatu manajemen layanan yang efektif tetap memiliki resiko yang merupakan permasalahan penting bagi semua organisasi yang dapat mencapai tujuannya. Dalam setiap pengambilan keputusan selalu terdapat dampak disampingnya yang berpotensi menimbulkanmasalah. Sehingga setiap permasalaahan harus dapat diidentifikasi sedini mungkin dalam rangka mengurangi dampak pada proyek jika sudah terlanjur terjadi atau memang sejak awal tidak dapat dihindari. Ini juga merupakan salah satu hal yang baik untuk mengindentifikasi seluruh stakeholder dalam membangun rancangan komunikasi.
Dalam mengidentifikasi berbagai resiko tersebut, manajemen layanan memerlukan kerangka yang bersifat konsisten di mana resiko-resiko tersebut dapat diidentifikasi dan dianalisis. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut :
Ø  Kunci dari memproses layanan strategi adalah: 
Ø  Business relationship management
Ø  Financial management for IT services 
Ø  Service portfolio management

c.       Jenis Pengelola Layanan IT
1.      Tipe I - Internal service provider: Ini adalah unit in-house IT biasanya diposisikan dalam unit bisnis yang mereka layani, meskipun itu adalah umum untuk unit skala yang lebih kecil IT ini akan dikonsolidasikan ke departemen IT perusahaan yang memiliki untuk menyeimbangkan kepentingan, tuntutan dan prioritas perusahaan yang organisasi terhadap orang-orang dari unit bisnis individu. 
2.      Tipe II - Shared services unit: Di sinilah berbagai fungsi, dianggap sebagai non-inti untuk bisnis, dikelompokkan bersama-sama ke unit pelayanan bersama perusahaan. Fungsi yang terlibat biasanya IT, Keuangan dan SDM, terkadang dengan pelayanan hukum, logistik dan manajemen fasilitas.
3.      Tipe III – External service provider: Ini adalah badan usaha komersial terpisah dari bisnis layanan itu, dan beroperasi sebagai bisnis yang kompetitif di pasar. 

d.      Empat Macam Strategi
1.      Strategi sebagai sebuah Perspective (Perspektif): meliputi  visi dan misi, tujuan dan filosofi penyedia layanan IT untuk melakukan bisnis dengan pelanggannya.
2.      Strategi sebagai Position (Posisi): meliputi strategi dalam hal layanan IT
penyedia pendekatan umum untuk penawaran layanan (value misalnya tinggi atau biaya rendah, penekanan pada utilitas atau garansi). 
3.      Strategi sebagai Plan (Rencana): menggambarkan strategi sebagai rencana yang menunjukkan bagaimana penyedia layanan IT akan bergerak dari tempat itu hari ini ke tempat yang diinginkan.
4.      Strategi sebagai Pattern (Pola): menggambarkan strategi sebagai cara yang konsisten membuat keputusan.

e.       Manajemen Pelayanan Sebagai Aset Strategis
Ada dua komponen strategi pelayanan. Strategi pelayanan jelas tentang pengembangan strategi untuk pengiriman layanan tertentu, tetapi ada juga pengembangan manajemen pelayanan sebagai kompetensi untuk memberikanpelayanan sebagai bagian dari strategi bisnis dan sebagai dasar untuk pemerintahan yang baik.
Pengembangan manajemen pelayanan sebagai aset strategis merupakan pusat strategi pelayanan. Manajemen layanan menyediakan kerangka kerja yang nilai disampaikan kepada pelanggan dalam bentuk jasa yang diwakili secara kolektif dalam katalog layanan. Kepercayaan pelanggan di komisioning penawaran layanan baru tergantung pada kemampuan manajemen pelayanan penyedia layanan IT.


f.       Mengotomatisasi Proses Pengelolaan
Mengotomatisasi proses bisnis memberikan utilitas yang lebih tinggi dan menghasilkan kinerja yang lebih baik dan nilai dari layanan dan pelanggan aset. Dengan cara otomasi proses manajemen, penggunaan sistem komputer dan perangkat lunak untuk mengotomatisasi proses. Proses dapat benar-benar otomatis, sehingga tidak ada intervensimanusia yang diperlukan, atau semi-otomatis di mana beberapa intervensi manusia diperlukan untuk membuat keputusan atau menangani pengecualian.

DAFTAR PUSTAKA
http://fjuniawan.blogspot.co.id/2016/06/the-service-lifecyclelayanan-siklus.html



Komentar