Pengenalan Teknologi Sistem Cerdas

source : https://becominghuman.ai/what-is-artificial-intelligence-ai-4bde325e5462

"Artificial Intelligence is a way of making a computer, a computer-controlled robot, or a software think intelligently in the similar manner the intelligent humans think."

A. Pengenalan Teknologi Sistem Cerdas

Selamat datang di blog Salsa! J Pada pembahasan kali ini, seperti judulnya, yaitu mengenai Pengenalan Teknologi Sistem Cerdas. Seiring berkembang pesatnya teknologi di berbagai lini kehidupan manusia yang tentunya membawa ‘impact’ baik secara langsung maupun tidak langsung. Berbagai inovasi-inovasi tak henti-hentinya lahir dan tercipta dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia yang semakin kompleks dan mempermudah manusia dalam melakukan berbagai hal.  
Secara umum, teknologi itu sendiri merupakan entitas, sesuatu yang diciptakan secara terpadu melalui suatu proses pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Tetapi ada juga definisi lain yakni teknologi sebagai sains terapan, khususnya para ilmuwan dan insinyur. Dalam hal ini, teknologi mengacu pada alat dan mesin yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah di dunia nyata.

source : http://anthillonline.com/3-reasons-why-your-business-is-suffering-at-the-hands-of-technology/


Teknologi semakin berkembang dan maju, terlebih dengan adanya suatu sistem baru yang disebut dengan sistem cerdas. Sistem cerdas ini sendiri merupakan cabang terpenting dalam dunia komputer. Suatu komputer tidak hanya alat untuk menghitung (berasal dari kata ‘to compute’), akan tetapi juga diharapkan dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia. Seperti yang kita ketahui, manusia mempunyai pengetahuan, pengalaman, kemampuan dalam hal penalaran yang baik. Dengan itu diharapkan komputer mampu bertindak seperti layaknya manusia. Maka dengan itu, komputer dibekali pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk berpikir serta bernalar. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan, serta robotika.
Istilah teknologi cerdas awalnya berasal dari bahas inggris yaitu Artificial Intelligence. Jika diartikan per kata, artificial itu sendiri berarti buatan, sedanglan intelligence berarti merujuk pada kata kecerdasan. Sehingga, artificial intelligence maksudnya adalah sesuatu yang dibuat atau suatu tiruan yang sifatnya cerdas. Cerdas dalam hal ini berarti kemampuan dalam berpikir dan penalaran, seperti pada otaknya manusia dalam memecahkan suatu masalah. Para ilmuwan melihat bahwa manusia dapat berpikir dan melakukan penalaran karena telah dibekali oleh berbagai pengetahuan dan pengalaman yang didapat dari proses belajar. Hal ini menarik perhatian ilmuwan sehingga menciptakan sesuatu yang dapat melakukan hal yang sama layaknya manusia. Tentunya, dengan latar belakang bahwa sesuatu tersebut dapat membantu permasalahan manusia di kehidupan sehari-hari.

Sehingga, teknologi sistem cerdas merupakan suatu gabungan dari teknologi yang mana dalam hal ini, teknologi diartikan sebagai sarana atau alat yang mempermudah kehidupan sehari-hari. Sedangkan sistem itu sendiri merupakan kumpulan komponen yang saling terhubung dan memiliki tujuan yang sama. Semua itu diciptakan dalam rangka mempermudah kehidupan manusia. Sehingga manusia itu sendiri menciptakan suatu teknologi yang sifatnya multifungsi; berpikir, menganalisa, dan mengambil keputusan secara cepat dan tepat dan minim kesalahan.

B. Sejarah Teknologi Sistem Cerdas

Kecerdasan buatan ditemukan oleh seorang profesor dari Massachus Institute of Tecnology yang bernama John McCarthy pada tahun 1956 pada Dartmouth Conferense yang dihadiri oleh para peneliti AI. Pada konferensi tersebut juga didefinisikan tujuan utama dari Kecerdasan Buatan, yaitu : mengetahui dan memodelkan proses-proses berfikir manusia dan mendesain mesin agar menirukan kelakuan manusia tersebut.

Teknologi sistem cerdas mulai dirancang sekitar tahun 1940-an. Pada saat itu, teknologi sistem cerdas terus mengalami pekembangan yang pesat. Teknologi sistem cerdas itu sendiri baru sampai ke Indonesia sekitar tahun 1960-an. Pada era tersebut, penggunaan pesonal compute mulai diperkenalkan di Indonesia, hal ini dipengaruhi oleh perkembangan sistem cerdas yang ada di berbagai belahan dunia. Dengan hadirnya teknologi sistem cedas ini diharap mampu membantu pekerjaan sehari hari, misalnya komputer yang sudah menggantikan penulisan dokumen pada mesin ketik, telepon rumah yang kemudian digantikan oleh smartphone atau telepon genggam pada era teknologi maju hingga sekarang ini, dan masih banyak contoh lainnya. 
Berikut ini merupakan daftar tabel perkembangan teknologi sistem cerdas di dunia antara lain sebagai berikut :

No
Tahun
Deskripsi
1
1206
Robot humanoid pertama karya Al-Jazari
2
1796
Boneka penuang the dari jepang bernama Karakuri
3
1941
Komputer elektronik pertama
4
1949
Komputer dengna program tersimpan pertama
5
1956
Kelahiran dari Artificial Intelligence pada Dartmouth conference
6
1958
Bahasa LISP dibuat
7
1963
Penelitian intensif departemen pertahanan Amerika
8
1970
Sisem pakaer pertama diperkenalkan secara luas
9
1972
Bahasa Prolog diciptakan
10
1986
Perangkat berbasis AI dijual luas mencapai $425 juta
11
1994
AC berbasis Neuro fuzzy dijual
12
2010
Sistem kecerdasan buatan untuk Pesawat komersial BOEING 900-ER ramai digunakan
13
2011
Service Robot untuk restoran berhasil dibuat di Indonesia
14
2012
Sistem Pakar Troubleshooting Komputer berbasis Fuzzy dan Self Learning
15
2012
Sistem immune pada deteksi spam diciptakan


C. Penerapan Teknologi Sistem Cerdas di Kehidupan Sehari-Hari


a.       Vending Machine

Vending machine merupakan suatu alat atau mesin yang menjual barang secara otomatis. Mesin ini tidak membutuhkan tenaga operator untuk menjual barang yang kita mau, sehingga kita dapat memilih sendiri barang yang kita inginkan. 
Awalnya, vending machine ini ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Alexandria pada abad pertama dan pertama kali diperkenalkan di London pada tahun 1880. Mesin pertama yang dibuat yaitu merupakan mesin penjual kartu pos. Sedangkan di Amerika, mesin otomatis pertama adalah mesin penjual permen karet, dibuat oleh Thomas Adams Gum Company yang memang merupakan peusahaan produksi permen karet. Perkembangan mesin ini sekarang justru berkembang pesat di Jepang, hampir semua kebutuhan sehari-hari dapat dibuat vending machine-nya. Sehingga di Jepang sangat mudah ditemui mesin ini.
Salah satu penerapan vending machine di Indonesia telah dilakukan oleh PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) yang mulai mengoperasikan mesin tiket atau vending machine di sejumlah stasiun. Keberadaan mesin tiket pada layanan KRL commuter line memiliki tujuan agar mengurangi antrean transaksi di loket dan tebukti lebih efektif. Contoh lain dari penerapan vending machine ini yaitu pada penggunaan mesin penjual makanan dan minuman ringan yang biasanya dapat dijumpai di beberapa tempat tertentu saja, misalnya di bandara, stasiun maupun tempat-tempat umum lainnya. 
source : https://medium.com/do-not-erase/consider-the-vending-machine-864d52de6734

source : https://www.kompasiana.com/amadsudarsih/568e4b04c923bdb908127c02/commuter-vending-machine-mesin-loket-tiket-krl?page=all


b.      OSHbot atau robot pelayan toko

Robot ini merupakan robot pintar yang akan menjadi 'pemandu' bagi pengunjung toko untuk dapat mencapai barang yang akan dibeli. Kita hanya perlu mengucapkan nama barang kepada OSHbot ini. Robot ini sendiri memiliki tinggi 29.5 inchi dan siap memberikan pelayanan belanja yang menyenangkan. Sangat unik, bukan? 

source : https://www.cnet.com/news/oshbot-robot-gears-up-to-offer-hardware-shopping-help/


Daftar Pustaka
https://becominghuman.ai/what-is-artificial-intelligence-ai-4bde325e5462
https://jidatlungkun.wordpress.com/2016/10/11/teknologi-sistem-cerdas/
https://fajarlusy.wordpress.com/2010/11/17/apa-itu-vending-machine/
http://hendrabutuhilmu.blogspot.com/2016/10/teknologi-sistem-cerdas.html

Komentar