Keuntungan dan Kerugian Sistem Cerdas Serta Pandangan Mengenai Penggunaan Sistem Cerdas di Indonesia

https://www.entrepreneur.com/article/315808

Sistem cerdas adalah salah satu cabang terpenting dalam dunia komputer. Suatu komputer tidak hanya alat untuk menghitung (berasal dari kata ‘to compute’), akan tetapi juga diharapkan dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia. Seperti yang kita ketahui, manusia mempunyai pengetahuan, pengalaman, kemampuan dalam hal penalaran yang baik. Dengan itu diharapkan komputer mampu bertindak seperti layaknya manusia. Maka dengan itu, komputer dibekali pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk berpikir serta bernalar. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan, serta robotika.

Namun, sistem cerdas itu sendiri ternyata memiliki keuntungan dan kerugian. Berikut ini adalah keuntungan beserta kerugian dari sistem cerdas :

Keuntungan :
a. Kecerdasan Buatan Bersifat Permanen
     Kecerdasan yang bersifat alami cenderung akan mengalami perubahan, contohnya, tidak setiap manusia akan selalu dapat mengingat sesuatu yang dipengaruhi beberapa faktor, misalnya karena faktor umur. Sedangkan kecerdasan buatan tidak akan pernah berubah selama sistem atau program yang menjalankna tidak dirubah.
b. Kecerdasan Buatan Mudah Disebarluaskan Serta Diduplikasi
Untuk mentrasferkan suatu pengetahuan dari manusia satu ke manusia lainnya tentu akan menyita banyak waktu. Selain itu, informasi yang disebar dari mulut ke mulut cenderung tidak lengkap dari informasi aslinya yang akan bercampur dengan hal-hal lain. Sedangkan informasi yang disebar menggunakan sistem cerdas dapat dipercaya tingkat keakuratannya dan cepat dalam penyebarannya.
c. Kecerdasan Buatan Lebih Murah
Modal yang dibutuhkan untuk menyediakan layanan komputer akan lebih murah dan efisien dibandingkan harus menggunakan tenaga seseorang untuk mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan dalam jangka waktu yang lama.
d. Kecerdasan Buatan Bersifat Konsisten
Berhubungan dengan poin pertama, kecerdasan buatan sifatnya permanen karena menggunakan teknologi komputer yang tidak akan berubah selama program dan sistem tidak dirubah. Sedangkan kecerdasan manusia bisa berubah-ubah tergantung dengan faktor tertentu.
e. Kecerdasan Buatan Dapat Didokumentasikan
Dengan menggunakan teknologi komputer, kecerdasan buatan akan dengan mudah disimpan dan didokumentasikan untuk kepentingan tertentu, misalnya untuk direporoduksi. Hal ini akan bertolak belakang dengan kecerdasan alami yang justru sulit untuk dilakukan reproduksi.
f. Kecerdasan Buatan Dapat Mengerjakan Suatu Pekerjaan dengan Cepat
Hal ini dikarenakan kecerdasan buatan merupakan suatu program komputer yang terstruktur dan tidak bisa mengalami kelelahan, berbeda dengan manusia yang bisa mengalami kelelahan.
g. Pekerjaan yang Dikerjakan Kecerdasan Buatan Lebih Baik


Kerugian:
a. Kecerdasan Buatan Tidak Memiliki Common Sense
Hal ini dikarenakan kecerdasan buatan merupakan suatu teknologi komputer yang merupakan benda mati, berbeda dengan manusia yang memiliki hati dan sejumlah perasaan yang dapat mengerti suatu permasalahan,
b. Kecerdasan Buatan Bersifat Terbatas
Terbatas dalam artian apa yang diberikan oleh kecerdasan buatan semata-mata hanya terbatas pada program dan sistem yang telah diatur.

Contoh Kecerdasan Buatan :
Gambar di atas merupaka salah satu dari kecerdasan buatan yaitu vending machine. Mesin ini berisi makanan dan minuman yang biasa dijual oleh manusia. Sistemnya yaitu kita dapat memasukan uang kita pada bagian yang telah disediakan, lalu makanan atau minuman yang kita inginkan akan keluar pada bagian bawah mesin tersebut.
Keuntungan dari mesin ini yaitu dapat memudahkan manusia dalam membeli makanan tanpa perlu repot-repot mencari mini market, selain itu sangat efisien dan praktis. Cukup dengan memasukan uang kita, memilih item lalu barang akan keluar dari mesin tersebut.
Kekurangan dari mesin ini yaitu dapat mematikan pekerjaan manusia yang memiliki sejumlah mini market atau warung karena tergantikan oleh mesin ini. Selain itu, akan mengurangin interaksi manusia karena jika menggunakan mesin ini kita akan berinteraksi dengan mesin, bukan manusia. Sedangkan manusia sejatinya diciptakan sebagai makhluk sosial yang harusnya berinteraksi dengan manusia lainnya.

Pandangan Mengenai Sistem Cerdas di Indonesia
Perkembangan sistem cerdas di Indonesia sudah cukup berkembang pesat mengikuti alur globalisasi yang ada. Namun, tidak dapat dipungkiri juga bahwa masih terdapat beberapa kecerdasan buatan yang belum dimiliki di Indonesia. Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa dengan kemajuan teknologi saat ini harusnya berbanding lurus dengan pola pikir masyarakat Indonesia itu sendiri. Karena kecerdasan buatan dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, harusnya masyarakat yang menggunakan kecerdasan buatan juga harus cerdas dalam menggunakannya. Masyarakat harusnya menjaga, merawat, serta menggunakan kecerdasan buatan dengan baik dan semestinya.


Daftar Pustaka
https://www.youtube.com/watch?v=uEWGjQ0nTm4
http://sitidwisuryatmi.blogspot.com/2016/11/kelebihan-kekurangan-sistem-cerdas.html



Komentar