Apa Itu Desain Grafis?



sumber : https://id.pinterest.com/pin/69594756728418548/


A.  Pengertian Desain Grafis

Pada abad ke-21 ini atau yang sering dianggap sebagai era revolusi digital, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sepenuhnya telah dikuasai oleh media digital, seperti teknologi komputer dan perangkat lunaknya. Kita sering melihat berbagai macam poster yang di desain dengan baik dan menimbulkan persepsi akan suatu karya seni yang indah. Hal-hal tersebut tentunya berhubungan dengan suatu cabang ilmu yang dikenal dengan desain grafis. Lantas, apa itu desain grafis? Jika anda mengenal perangkat lunak atau software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw serta perangkat lunak editing lainnya, tentu anda tidak akan kesulitan dalam memahami pengertian mengenai desain grafis. Perangkat-perangkat lunak tersebutlah yang nantinya akan sangat banyak berhubungan dengan dunia desain grafis.
Desain grafis pada hakikatnya berasal dari 2 suku kata, yaitu desain dan grafis. Kata desain mengacu pada suatu proses untuk mengatur, merancang segala sesuatu sebelum melakukan hal lainnya. Sedangkan kata grafis berarti kombinasi dari titik-titik yang akan menghasilkan suatu bentuk visual tertentu. Sehingga, dari sini saja dapat kita simpulkan bahwa desain grafis merupakan suatu proses atau kemampuan untuk mengkombinasikan antara kata-kata dan gambar yang nantinya dapat menjadi poster, majalah, atau buku. Menurut Wikipedia, desain grafis merupakan proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

B.   Pengertian Desain Grafis Menurut Para Ahli
sumber : https://shannya.12.wordpress.com
1.   Jessica Helfand, Desain Grafis adalah "Kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat".
2.   Michael Kroeger, Desain Grafis adalah "Visual Communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran".
3.   Warren, Desain Grafis adalah "Suatu terjemahan dari ide dan tempat kedalam beberapa jenis urutan struktural dan visual".

C.   Prinsip Desain Grafis

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut, antara lain :
a.   Shape
b.   Form
c.   Texture
d.   Line
e.   Ruang
f.    Warna
Hal-hal diatas akan membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Daftar Pustaka :
https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
http://kiritouzumaki.blogspot.com/2017/02/pengertian-desain-grafis-menurut-para.html


Komentar